Hi guys how are you! Hope you all are in a good condition!!!

Kali ini ada yang beda dari konten gw biasanya! Gw gak ngereview produk tapi gw mau review tentang Semi Permanent Tattoo!!! Mungkin kalian belum banyak yang tau kalau gw suka sama yang namanya tattoo. Memang orang orang yang tau sama hobi gw ini mostly orang orang terdekat ajasih, dan memang gw sendiri juga ga pernah sharing tentang hobi gw ini karena tattoo buat gw itu personal banget . Setiap design yang gw pilih itu punya meaning yang deep buat gw , that’s why it took me a long long time to choose a design yang akan di buat secara permanen di badan gw, gak sembarang suka trus langsung bikin aja. Saat ini di badan gw total udah ada 3 tatoo, letaknya beda beda.

Pertama kali gw bikin permanent tattoo di badan gw itu di tahun 2017 langsung bikin 2 gambar lol, tapi design nya kecil kecil. Untuk design preference gw selalu suka design yang sleek dan minimalis, gak berwarna & gak terlalu tebal tintanya. Gw gasuka sama design tattoo yang terlalu terkesan garang karena ga cocok juga sih sama personality dan looks di badan gw, gw suka tattoo yang simple, terkesan cantik dan ga bikin badan keliatannya tuh terlalu penuh karena nanti jadi terkesan kotor kalo buat gw pribadi ya.

 

 

Awal bikin keputusan mau tattoo permanent gw pastinya udah pikir panjang dan tanya pendapat dari orang orang terdekat gw juga and they don’t seem to have problem with any of that jadi i’m good to go. Nah kalo kalian sering denger ya orang yang udah pernah tattoo tends to addicted either with the experience or the designs , nah hal ini juga terjadi sama gw. Belakangan ini gw udah mikir pengen tambah tattoo baru lagi. Gw lagi suka banget sama design korean tattoo. Kalo kalian pernah liat tipe designya ini persis sama preference gw ,semua designya simple, mostly gak berwarna dan tintanya itu tipis banget jadi super cantik deh finishnya di kulit. So gw perlahan sambil cari referensi design gw juga cari tatto studio yang bisa ngerjain korean style tattoo seperti yang gw mau dan akhirnya gw nemu deh 1 profile tattoo studio di Jakarta yaitu Leledoodle.studio. Gw excited banget karna berhasil nemuin tatto studio yang sesuai sama preference gw, nah ada satu hal yang gw notice berbeda dari kebanyakan studio tattoo pada umumnya yaitu Semi Permanent Tattoo. 

 

 

 Ini bukan pertama kali gw denger yang namanya Semi Permanent Tattoo udah banyak sih gw liat temen temen di social media yang cobain semi-permanent tattoo, tapi gw sendiri gapernah cari tau apa sih bedanya sama permanent tattoo yang biasanya. Sampe akhirnya karena penasaran gw konsultasi sama owner dan tattoo artist nya  Leledoodle.studio yaitu Ci Leona. So sedikit cerita ttg background Ci Leona ini adalah owner sekaligus tattoo artist di Leledoodle.studio, Ci Leona ini adalah seorang makeup artist yang super duper talented bener bener segala bisa deh ilmunya di industri kecantikan banyak banget mulai dari costume makeup sampe bridal makeup bisa, sulam alis, eyelash treatments dan masih banyak lagi . Sebelum Leledoodle.Studio berdiri tadinya namanya itu Bling Studio, they provide eyelash treatments, nail treatments and eyebrow treatments and etc. Gw gausa jelasin details tentang tempatnya kalian liat sendiri deh dari foto fotonya bagus banget omg! Super comfy, neat & pretty!!!

 

 

 

Seiring berjalannya waktu Ci Leona akhirnya memilih untuk focus di business semi-permanent & permanent tattoo. Kurang lebih begitu ya singkat ceritanya, kalo kalian main langsung ke studionya Leledoodle, pas kalian masuk pertama kali di tangga entrancenya banyak banget certificatenya Ci Leona gilasih belajarnya darimana mana mana ga cuma dari 1 institute aja lol ! Kalo kalian penasaran mau lihat hasil karyanya Ci Leona bisa check and follow di instagramnya di @leonamakeuparts. Seriously Ci Leona sih skill tangan nya ga main main deh emang basicnya udah super talented jago gambar makannya hasil tattoonya pun bisa sebagus itu!

 

 

 

Design ke 4 tattoo yang akan gw bikin di Leledoodle studio ini adalah doodle version from my fav character Thomas Shelby dari one of my fav series Peaky Blinders. Kalo kalian perhatiin konten konten highlight gw di Ig kalian pasti udah muak gimana gw sering ngepost foto fotonya Cillian Murphy karna secinta dan se devoted itu gw sama dia HAHAHA, nah yauda gw gausa mention details tentang design tatto gw , oke lanjuts! Supaya designya ini ga terlalu garang memang gw request sama Ci Leona untuk bikinin versi doodlenya dan parah sih pas diliatin pertama kali hasil gambarnya Ci Leona gw langsung in love banget dan udh yakin gw mau bikin design itu!!!  

 

Okay sekarang kita balik lagi sama pembahasan pertama ya apa sih bedanya semi-permanent tattoo dan permanent tattoo? Supaya lebih mudah dan ringkas dibaca gw akan breakdown perbedaanya dalam bentuk poin poin yaa.

  

SEMI PERMANENT TATTOO

 

  • Less Painful

 Nah ini salah satu keunggulan dari semi-permanent tattoo yang harus banget kalian tau dari awal makannya gw sebutin paling pertama haha, semi permanen tattoo level sakitnya itu bisa dibilang ½ dari permanent tattoo. Tapi untuk di area tertentu kayak gw kmaren posisi tattoonya kan di ribs itu masih berasa sakit sih ya skala nya dari 1-10 buat gw 7. Lah kalo 7 brati sakit dong? Eits betar dulu belom beres ceritanya hahaha. Jadi kalo semi-permanent tattoo itu plusnya kita bisa pakai cream anastesi karena tinta yang dipakai itu tinta untuk sulam alis dan sulam bibir nah cream anastesinya works di lapisann teratas kulit. Bedanya sama tattoo permanent , tattoo permanent itu gak bisa kalau kita mau pakai cream anastesi karena proses pengerjaann tattoo permanent itukan bisa sampai ke lapisan kulit terdalam, saat di anastesi kadar air didalam kulit bertambah sehingga kulit jadi lebih kenyal sehingga membuat jarum menjadi lebih licin dan tintanya akan lebih susah masuk.  

 Gw sendiri pas kmaren coba semi-permanent tattoo awalnya gamau pake anastesi karna penasaran kan level pain nya segimana dibandingin sama permanent tattoo turns out karena lokasinya di ribs tuh emang sakit ya masih tetep sakit lol. On the first round gw masih sanggup gapakai anastesi nah udah masuk 2nd round udah deh break dulu minta pakai anastesi haha abis tunggu 20 menitan udah deh ga berasa apa apa udah tenang dan ga sakit lagi yay!

 

 

  • Minimalist Design

 Semi-permanent tattoo itu dibuatnya di lapisan kulit teratas aja makannya gabisa design design yang bergradasi atau yang ngeblock. Beda dengan tattoo permanent yang proses pengerjaanya itu sampai ke lapisan terdalam kulit makanya bisa menggunakan design yang detail, block dan berwarna. Kalo kalian kepikiran nih pengen cover tattoo lain atau pengen cover luka itu gak bisa pakai semi-permanent karna tintanya pasti kalah sama yang permanent. Kecuali kebalikannya misalkan dari tattoo semi-permanent mau dicover pakai tinta permanent baru bisa.

  • Black and Red only

 Sesuai penjelasan yang udah gw mention diatas , semi-permanent tattoo itu menggunakan tinta yang sama untuk sulam alis dan sulam bibir maka dari itu pilihan warna nya juga terbatas cuma hitam dan merah aja.

  • Will Fade Overtime

 Namanya juga Semi-permanent tattoo, untuk hasil akhirnya sebenernya gaakan bisa dibedain sih pakai mata mana yang hasil menggunakan tinta semi-permanent dan yang menggunakan tinta permanent. Tapi perbedaanya adalah tattoo semi-permanent itu saat memudar akan lebih tipis dan gak keliatan kalo itu bekas tattoo beda sama yang tattoo permanen ya. Makannya gw juga mau tekankan lagi biar kalian ga salah paham nih tattoo semi-permanent itu bukan berarti bakalan hilang seutuhnya yaa, Karena proses pengerjaanya kan similar dengan tattoo permanent dengan melukai kulit makanya tattoo semi-permanent juga gabakalan hilang mulus 100 persen, kecuali dengan bantuan laser.

Nah untuk proses tattoo removal juga kalo kalian pakai tattoo semi-permanent biasanya cuma butuh 1-2 kali laser aja udah ilang bersih, beda dengan tattoo permanent yang harus berkali kali laser baru hilang sepenuhnya. Makanya kalo kalian yang maunya hilang total 100% tetap baiknya piker pikir lagi yaa karena biarpun semi-permanent juga gabakalan tintanya hilang 100 persen, yang bisa hilang 100 persenn itu tattoo temporary yaa. Oh ya terus ketahanan tattoo semi-permanent juga tergatung dari jenis kulit, letak tattoonya, dan aktivitas sehari hari kalian. Ketahanan nya tattoo semi-permanent sama seperti tattoo sulam alis dan sulam bibir bisa bertahan kurang lebih 1-3 tahun. Kalo belum yakin coba aja dulu Tatoo temporary! Ci Leona juga bisa lho ngerjain free hand Tattoo temporary.

 

 

  • Price

Dari segi harga menurut gw harga tattoo semi-permanent ga begitu jauh sama tattoo permanent. Untuk masing masing design harganya beda beda saran gw langsung konsultasi aja ya biar sesuai sama budget kalian juga.

 

  • Aftercare    

Pengalaman gw aftercare tattoo semi-permanent dan permanent kurang lebih sama ya. Dalam 24 jam jangan kena sabun dulu, trus udahnya sering dikasih moisturizer aja sih supaya proses healing dari pengeringan lukanya itu cepet beres. Nah yang gw notice biasanya kalau tattoo permanent itu setelah hari kita di tattoo besoknya bakalan mongering dan lama lama jadi halus kurang lebih bisa makan waktu 7 harian, tapi tattoo semi-permanent healing processnya lebih cepet jauh daripada tattoo permanent cuma 3 hari aja udah halus!

 

THE STEPS OF SEMI PERMANENT TATTOO

 

  1. Decide the position:  tentuin dulu posisi yang kita mau dimanna letaknnya, setelah kita tentuin posisinya nanti bakalan dibikin titik titik dulu supaya positioningnya bisa pas sesuai sama yang kita mau. Sambil nunggu preparation untuk design area yang udah dititikin bakalan dikasih plastik wrap supaya tetap higienis.

 

 

2. Print out & copy the design :  design yang kita mau bakalan di print sama Ci Leona abis itu bakalan di jiplak ke kulit kita sebagai gambar base yang nantinya akan digambar pakai jarum tattoo kurang lebih jadinya begini dulu yaa. 

 

 

 

3. Prepare Youself and Enjoy the Ride : setelah selesai dicopy design yang kita mau udah deh bisa langsung mulai pengerjaanya! Leledoodle studio pastinya udah siapin jarum yang baru dan tempat tinta yang baru ya, Ci Leona juga pengerjaanya pakai sarung tangan karet supaya tetap hygenic!

 

 

4. Halfway Done : nah kalo kalian ngerasa sakit dan rasa sakitnya itu gak bearable kaya gw kmaren setelah pengerjaan pertama gw minta pakai anastesi sama Ci Leona, jadi setelah salep anastesinya dipakein ke permukaan kulit kita ditunggu 10-15 menit abis itu udah deh gw udah ga berasa sakit lagi sampe selesai pengerjaan!

 

 

Finally here is the result!!! Omg i'm super happy with the results!!! Sesuai banget sama apa yang gw mau! Fyi disini ada 2 gambar yang ngeliatin pas tattoo gw dalam proses healing dan sesudah healing nya selesai.

 

NOTE : Still in the healing process

 

NOTE : After the healing process.

 

Oke guys kurang lebih itu semua details yang gw mau sharing sama kalian tentang pengalaman pertama gw coba bikin semi-permanent tattoo. Semoga semua informasi ini berguna buat kita semua ya! Thankyou so much to Ci @leonamakeuparts yang udah bikinin aku tattoo super duper bagus beyond my expectation! Can’t wait for our next appointment ci ditunggu design selanjutnya! Nah untuk pertanyaan seputar Semi Permanent tattoo kalian bisa langsung tanya tanya di Instagramnya @Leledoodle.studio or reach ke business numbernya Leledoodle Studio via Whatsapp di:  0811 1822 493.

Thankyou so much guys for your time, see you on my next content! Stay safe & healthy good people!